(Tips Bengkel) Paket Hemat Memperbaiki Setelan Klep CB / CBR 150 R

image

Malam masbro, akhirnya nulis lagi.. 🙂 masbro owner CB / CBR 150 (all generation) ..?? Old CBR 150? CBR 150 fi cbu..? K15 aka old CB 150 Sf..?? K45 aka CBR150 lokal..?? Pernah mengalami gejala bunyi ngeclek atau clek clek dengan keras pada area head silinder saat mesin menyala..??
Bisa jadi setelan klep CB /CBR masbro sudah mulai longgar, dan akibatnya terjadi gejala ngempos atau kurang bertenaga..

image

Solusinya bagaimana..??
Tenang masbro, saya akan menjelaskan tutorialnya penyetelan ulang shim klep dan paket hematnya juga.. 🙂

image

Sebelum dibongkar, sediakan silet (sing rodo larang regone yaak / yang rada mahal harganya), gunting.. Itu buat apa mas..??
Nanti akan dijelaskan kok..

Pertama, lepas fairing bawah dan samping, lepas radiator (atau baca tutorialnya klik disini), lepas noken as ( baca tutorialnya disini )..

image

Eeitsss… Tunggu dulu.. Sebelum dilepas noken as atau camshaft-nya, ukur terlebih dahulu, normalnya, pada generasi mesin lama (CBR150 karbu, Fi, K15 dan K45) biasanya setelan klep normal yaitu 0,10mm untuk klep masuk dan 0,15mm untuk klep buang..
Nah, misalkan pada klep masuk jika diukur ternyata 0,20mm.. Maka harus diganti shim klepnya dengan ukuran yang lebih tebal, harganya juga terbilang lumayan untuk 1 butir shim tablet, terus bagaimana?

image

Nggak usah bingung masbro, diawal sudah disediakan silet kan..? Itu lah kegunaannya.. 🙂 kok bisa..?? Begini.. Pertama lepas dulu cup penutup klep masuk / buang yang longgar, misalkan klep masuk dulu deh, setelah dilepas, ambil shim klep pada klep yang longgar, lihat ukurannya, ada 185, 190, 195, 200, 205, dst..

image

Contoh ukuran 205, tapi setelan klepnya longgar, nah, fungsi silet tsb adalah mengganjal shim klep dan diletakan diantara shim klep dan batang klep, tapi silet tersebut dipotong dengan gunting dan dibentuk sesuai dengan bentuk shim klep..

image

Ingat ya masbro, menyetting ulang mesin DOHC itu gak secepat SOHC, butuh ketelitian, dan kesabaran juga.. Soalnya, proses penyettingan ulang shim klep butuh waktu yang nggak sebentar..

image

Lanjuut, setelah diganjal, masukan kembali shim klep dan cup penutup klep, pasang kembali noken as dan rantai keteng (untuk membaca, klik disini). Ukur kembali setelan klep yang diganjal sebelum dipasang noken as, jika dirasa sudah pas pada settingan normal, pasang kembali radiator dan nyalakan mesin.. Jika sudah menyala dan masih berbunyi ngeclek tapi nggak sekeras waktu awal, maka cukup berhasil proses pengganjalan silet tersebut, jika masih belum puas yaa ganjal lagi dengan potongan silet..

image

Insya Alloh aman 😀

Kebetulan yang saya setting adalah Old CBR 150 R karbu livery repsol pertama lansiran tahun 2004.. Spesies langka nih..

image

image

Ingat ya masbro.. Harus teliti loh.. Jangan sampai shimnya jatoh ke dalam bak magnet, ntar malah repot,wkwkwk :mrgreen: 😀

Sekian, semoga bermanfaat.. 🙂

image

Advertisements

18 thoughts on “(Tips Bengkel) Paket Hemat Memperbaiki Setelan Klep CB / CBR 150 R

  1. Bro…ada yg tau ukuran batang klep cbr400 nc23…..apakah sama dgn cbr or cb150 ? Aku perlu kuku klepnya atau key valve springnya…soalnya byk aku coba motor lain yg terkecil hanya 4,5 mm….ada yg bisa bantu please

    Like

  2. bro cbr 250 cbu saya juga ada suara ” tektektektek” dari dalem head silinder. Tapi kalo digas,makin naik rpm nya suaranya makin ga kedengeran tapi klo lagi langsam suaranya kedengeran keras. Itu bisa jadi dari shim klep juga atau gimana ya bro?

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s